Selasa, 22 Mei 2012

Contoh Naskah Drama Psikologi


Pagi yang cerah dan hembusan angin pagi menambah semarak di Nifas Class. Waktu menunjukan pukul 10.30, saat nya bagi siswi Nifas Class untuk istirahat.  Sebagaian siswi menghabiskan waktunya di kantin dan sebagian siswi lainnya menghabiskan waktunya di kelas. Demikian pula dengan Leny, remaja berumur 19 tahun yang beranjak dewasa. Ia bersama teman – temannya menghabiskan waktunya di kelas.  Menstruasi merupakan ciri biologis yang harus dialami oleh remaja putri yang berumur 11 – 14 tahun dan mempunyai dampak baik psikis maupun psikologi remaja tersebut. Begitupun yang di alami oleh Leny..
Leny        : aduuuhhhhh !!! perutku sakit bangeett !!!
Evi           : kenapa siihhh ???
Leny        :gak tau nih, perutku sakit banget !!
Myra        : kamu lagi menstruasi yaa??
Leny        : Iyaniihh,, hari pertama  lagi !!
Wida        : Kayaknya disminore deehh !!
Leny        : aduhh pokoknya perutku sakit banget, anterin berobat dong!! Aku takut perutku bermasalah L
Evi           : sini aku yang antar !!
Dengan langkah yang tertatih – tatih dan menahan sakit yang hebat, Leny pergi ke bidan dengan diantar  oleh seorang teman , dengan harapan tidak terjadi sesuatu pada dirinya...

Evi                : ( mengetok pintu )  selamat siang bu
Bidan            : siang, silahkan masuk !! ada yang bisa saya bantu dik??
Evi                : ini bu, teman saya mengeluh perutnya sakit!
Leny             : iya nih bu,,perut saya sakit banget!
Bidan            : adik dengan adik siapa? Saya Bidan Yuni,
Leny             :  saya Leny bu,,
Bidan            : adik lagi menstruasi ya?
Leny             : ia bu, ini hari pertama. Kok bisa sakit gini ya, kata teman saya, saya mengalami disminore
Bidan            :  oooo gitu, ya itu biasa terjadi pada beberapa wanita. Memang tadi adik dapat makan apa?
Leny             : saya tadi pagi cuma sarapan roti aja bu, ohh ya sebenarnya disminore itu apa bu?
Bidan            : disminore adalah gejala nyeri waktu haid,yang terasa pada perut bagian bawah. Apa setiap bulan saat haid merasakan nyeri?
Leny             : tidak bu, terkadang merasakan terkadang tidak.
Bidan            : ohhh artinya biasa. Jika setiap bulan merasakan sakit yang hebat, untuk diagnosa yang jelas sebaiknya adik melakukan USG yah. Kalau untuk kondisi adik sebaiknya tambah dengan konsumsi zat besi atau tablet Fe. Agar tidak lemas, misalnya minum sangobion.
Leny             : oyaa bu, selain minum obat, ada cari lain untuk mengurangi rasa nyerinya bu?
Bidan            : iya ada dik, adik harus istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, atau bisa juga adik mengompres perut dengan air hangat.
Leny             : baik, saya akan mencoba melakukan saran ibu
Bidan            : saya sangat yakin bila adik sudah mengerti dengan apa yang saya saran kan, namun sebelumnya bisa disimpulkan tentang pembicaraan tadi ?
Leny             : baik bu, sekarang saya sudah mengerti tertanyata kecemasan saya berlebihan dan dismirone ini merupakan hal yang wajar..
Bidan            :  saya rasa adik sudah mengerti apa yang saya jelaskan  tadi.. semoga bisa dilakukan di rumah ya.
Leny             : baik bu, terimakasih untuk informasinya, saya permisi pulang...
Bidan            : hati – hati ya dikk...!!!!!

Akhirnya dengan perasaan lega, Leny melangkah keluar dari tempat praktik Bidan Yuni. Tenyata hal yang di alaminnya merupakan  hal yang normal dan tidak membahayakan dirinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar